Visi Misi Dan Tujuan

VISI UM PONTIANAK

Tahun 2020 Menjadi Universitas Terkemuka Dalam Pengembangan Iptek, Seni dan Sumberdaya Manusia Berdasarkan Nilai-Nilai Ke-Islaman Untuk Kesejahteraan Ummat
Universitas terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni (ipteks), diartikan yaitu menjadi perguruan tinggi yang memiliki kemampuan dan selalu mengutama-kan ipteks dalam keberadaan dan produknya, baik di tingkat lokal dan regional maupun nasional. Kualitas menjadi perhatian utama UMP dalam menghasilkan berbagai produk ipteks dan pengembangannya. Dalam hal ini kualitas dijabarkan yaitu produk-produk ipteks berdaya saing, berdaya guna, berhasil guna dan aktual serta spesifik. Kemudian UMP juga menjadi rujukan atau referensi dalam bentuk penelitian, kajian dan pengembangan ipteks bagi stakeholders dan masyarakat.

Universitas terkemuka dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia diartikan bahwa UMP menghasilkan sumberdaya manusia (lulusan) yang menguasai ipteks, profesional, kritis, analitis, inovatif, kreatif, berjiwa wirausaha, keteladanan, kejuangan, berakhlak mulia, mandiri dan kompetitif. Pada akhirnya lulusan yang dihasilkan oleh UMP mempunyai kualitas dan daya saing serta relevansi yang tinggi dan sesuai kebutuhan stakeholders dan masyarakat.

Pengembangan Ipteks dan Sumberdaya Manusia Berdasarkan Nilai-Nilai Keislaman berarti bahwa pengembangan ipteks dan sumberdaya manusia didasarkan atas kesadaran tentang kesatuan antara pengetahuan dan nilai (tauhid); rasional-transendental, obyektif, kritis, inovatif, kreatif (‘ilm); ketinggian kodrat dan martabat manusia (khalifah); dan pengabdian manusia pada tuhan (ibadah). Ipteks dan sumberdaya manusia dihasilkan melalui proses pendidikan dan pengajaran, penenlitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kemudian sumberdaya manusia yang dihasilkan UMP menjadi lulusan yang berilmu, beriman, dan berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan agama Islam.Untuk Kesejahteraan Umat diartikan bahwa produk iptek dan sumberdaya manusia yang dihasilkan oleh UMP berguna dan bermanfaat untuk kesejahteraan manusia, baik di tingkat lokal dan regional maupun nasional. Keberadaan UMP juga diharapkan berperan dalam pemerata-an dan pemberian kesempatan pendidikan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing bangsa.

Visi tersebut diimplementasikan di seluruh unit kerja baik dalam tatanan administrasi maupun akademik sesuai dengan kompetensi dan konsentrasi yang dikembangkan. Untuk pengembangannya, visi ter-sebut dapat disesuaikan dengan keunggulan  masing-masing unit kerja berdasarkan pengembangan kompetensinya masing-masing.

MISI UM PONTIANAK

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarkat secara profesional sesuai nilai-nilai ke-Islaman.

  • Memajukan dan mengembang-kan iptek dan seni sesuai tuntutan perubahan atau perkembangan zaman

  • Mengembangkan dan mening-katkan kualitas sumberdaya manusia, dosen dan karyawan, untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa keman-dirian dalam ilmu pengetahuan, keahlian, teknologi dan seni.

  • Membangun pusat-pusat keung-gulan (centre of excellence) sesuai kompetensi yang dimiliki dan unggulan strategis daerah

  • Menjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan stake-holders di tingkat daerah dan pusat, masyarakat, industri dan dunia usaha baik lokal, regional, nasional maupun internasional.

  • TUJUAN UM PONTIANAK

  • Menghasilkan lulusan yang bermutu tinggi dengan menguasai iptek dan seni secara profesional dan Islami serta berdaya saing tinggi.

  • Menciptakan dan mengem-bangkan sinergisme iptek dan seni sesuai dengan tuntutan perkembangan atau perubahan zaman yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat

  • Meningkatkan dan mengem-bangkan profesionalisme para dosen dan karyawan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran berkualitas

  • Menciptakan dan mengem-bangkan relevansi pendidikan sesuai kompetensi yang dimiliki dengan stakeholders berdasar-kan keunggulan strategis daerah dalam menghadapi daya saing regional, nasional dan global.

  • Memperkuat organisasi dan pencitraan publik melalui pengembangan kerjasama (net working) dengan berbagai stakeholders di tingkat regional, nasional dan inter-nasional untuk menciptakan organisasi yang sehat, mandiri, dan kompetitif.

  • POLA ILMIAH

    " Pengembangan Wilayah Pesisir dan Daerah Aliran Sungai Melalui Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni "

    Pola ilmiah pokok tersebut seperti yang tertuang dalam Statuta UMP. Mengingat hal ini penting dan sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh Kalimantan Barat yaitu potensi wilayah pesisir dan daerah aliran sungai yang sangat luas. Pengembangan wilayah pesisir dan daerah aliran sungai tersebut menghadapi berbagai permasalahan yang multi dimensi. Oleh karena itu segala aktifitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat fokus pada pola ilmiah pokok tersebut.


    PERPUSTAKAAN UM PONTIANAK

    Jl. Ahmad Yani No. 111 , Pontianak, Kalimantan Barat
    Tel. (0561 769314 , Faks. (0561) 764571 - Email: [email protected]